Monday 6 June 2011

Agama di Australia?



Kamu mungkin terkejut kalau saya mengatakan sebagian besar orang Australia tidak ikut suatu agama.  Di Australia, banyak orang tidak menghadiri sebuah gereja atau ikut suatu agama.  Hanya 7% dari penduduk Australia menghadiri sebuah gereja.  Sebagian kecil dari penduduk ikut agama Budha, Islam atau Hindu.  Kamu akan melihat masjid kecil dan gereja kecil di kebanyakan daerah dan kadang-kadang sebuah Candi juga, tetapi biasanya, bukti agama tidak sering melihat.  Toko-toko dan rumah-rumah jarang memiliki bukti agama (seperti gambar-gambar agama, salib-salib, kitab suci).

Kenapa ini terjadi?  Pada abad terakhir, suatu pergeseran nilai terjadi di Australia (dan kebanyakan negeri Barat).  Mereka bergeser jauh dari nilai-nilai Kristen (pada awalnya, agama Kristen adalah agama dasar di Australia dan semua koloni Inggris).  Kebanyakan orang ingin pemerintahan dan masyarakat yang sekuler.  Orang-orang ingin menjadi lebih toleran mengenai agama semua dan tidak suka waktu orang-orang berkhotbah tentang agama tertentu (termasuk Kristen!).  Tidak ada yang akan mengkritik kamu untuk agamamu, mereka bahkan mungkin bertanya tentang itu.  Tetapi di Australia, orang-orang bercanda bahwa jika kamu ingin menyimpan teman-temanmu, jangan berbicara tentang dua hal: agama dan politik!

Ke Gereja?

Gereja-gereja bisa terlihat sangat berbeda di Australia. Australia memiliki gereja gaya lama dan gereja modern yang terlihat seperti bioskop atau gudang.  Memakai baju formal pertama kali kamu menghadiri sebuah gereja.  Semua gereja berbeda dan kamu bisa memperhatikan apa yang dipakai oleh semua orang lain waktu kamu di sana.  Kebanyakan gereja tidak ada aturan khusus tentang baju.

3 comments:

  1. Tetapi apakah kamu pernah membandingkan perbedaan antara Gereja Kristen yang ada Australia dan yang ada di Indonesia ??

    ReplyDelete
  2. Ini pertanyaan bagus! Ya, saya pernah ikut gereja GBI di Indonesia dan gereja itu mirip dengan gereja karismatik di Australia. Tetapi, ada banyak jenis gereja di Australia dan Indonesia juga. Ada yang berisik dan ada yang lebih tradisional :) Ann

    ReplyDelete
  3. Ini pertanyaan bagus! Ya, saya pernah ikut gereja GBI di Indonesia dan gereja itu mirip dengan gereja karismatik di Australia. Tetapi, ada banyak jenis gereja di Australia dan Indonesia juga. Ada yang berisik dan ada yang lebih tradisional :) Ann

    ReplyDelete